#2 Digital Marketing di Kupang

PEMBUKAAN KELAS DIGITAL MARKETING

Indonesia sudah memasuki era revolusi industri 4.0 , dimana saat ini batasan jarak dan waktu sudah bisa diatasi melalui teknologi. Begitu juga dalam hal marketing, melalui teknologi digital dapat menghemat anggaran dan memperluas jangkauan.

Melihat akan hal diatas maka, Hari ini, Senin 10 Februari 2020, di Lembaga Pelatihan Ekklesia Komputer diadakan kegiatan pembukaan kelas Digital Marketing dimana kegiatan kelas kursus digital marketing yang diadakan oleh Ekklesia komputer saat ini adalah yang kedua kalinya, dimana yang pertama diadakan di Kota Ruteng atas kerjasama Ekklesia Komputer dan Lembaga pelatihan Surya Perdana Ruteng sedangkan kali kedua diadakan di Ekklesia Komputer sendiri.

Kelas digital marketing ini diadakan selama 1 minggu (6 Hari) terhitung tanggal 10-16 Februari 2020 yang diadakan 5 jam/Hari dari pukul 13.00-17.00.

Kegiatan kelas digital marketing yang diadakan saat ini Ekklesia Komputer melibatkan para pengusaha-pengusaha yang tersebar di kota kupang yang ingin belajar meningkatkan bisnis yang dimilikinya.

Peserta pelatihan yang mengikuti kegiatan kelas kursus digital marketing di hari pertama ini antara lain, Ibu Kristin ( Pengelola Lembaga Komputer Eden), Ka Putra ( Instruktur Komputer  Eden), Ibu Evi (Pengelola Lembaga Salon Rinny), Ka Sarce (Instruktur Salon Rinny), Ibu Felphin (pengelola Lembaga Salon 3 Putri), Ka Mila (Pengusaha Kota Kupang), Rodyt (Calon pengusaha).

Sedangkan untuk Jumlah peserta kursus yang terdaftar dan mengikuti pelatihan ada 13 peserta namun yang hadir di hari pertama ini ada 10 orang dikarenakan yang 3 diantaranya masih berhalangan dan akan ikut dihari berikutnya.

Yang membuka kegiatan kelas digital marketing kali ini adalah Ibu Tri Suris Lestari, S.Kom.,MM selaku pimpinan lembaga Ekklesia Komputer kupang dimana Ibu Tri mengucapkan selamat datang, selamat bergabung dalam kelas Digital Marketing untuk seluruh peserta pelatihan dan dalam arahannya ibu Tri Menyampaikan bahwa semoga dengan kegiatan kelas kursus kali ini peserta pelatihan dapat mengikutinya dengan baik agar diakhir dari pelatihan ini masing-masing peserta dapat mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan ilmu yang sudah diperoleh.

Seusai arahan Ibu Tri selaku pimpinan Ekklesia juga memperkenalkan kepada seluruh peserta pelatihan bahwa Instruktur Kelas Digital Marketing yang akan mengajar dan mendampingi peserta pelatihan kali ini adalah Pak Muhadi Tri yang adalah salah satu Digital Marketer yang berasal dari Semarang dimana beliau sudah berpengalaman dalam bidangnya sehingga peserta akan mendapatkan banyak ilmu dan dianjurkan kepada seluruh peserta agar silahkan gunakaan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya agar kita semua bisa sukses dalam mengelola bisnis kita masing-masing. Setelah arahan dari Ibu Tri selaku pimpinan lembaga langsung menyerahkan waktu sepenuhnya kepada pemateri pak Muhadi untuk menyampaikan materi di hari pertama.

Sebelum memulai materi Pak Muhadi menyempatkan diri untuk kembali memperkenalkan diri lebih lengkap lagi kepada seluruh peserta, setelah itu pak Muhadi juga memberikan kesempatan kepada peserta untuk memperkenalkan diri sekaligus menyebutkan jenis usaha yang dikelola oleh peserta.

Dari 10 peserta yang hadir di hari pertama dalam kegiatan kelas digital marketing 9 diantaranya adalah berasal dari pengusaha sedangkan 1 diantara peserta yang hadir adalah calon pengusaha dimana peserta tersebut pada saat ditanya Mengapa memilih untuk mengikuti kelas Digital Marketing? Iya menjawab bahwa ia baru selesai diwisuda dan ingin bekerja dengan menciptakan pekerjaan sendiri sehingga ia mendaftar untuk mengikuti kelaas digital marketing dengan harapan bahwa agar pada saat mengikuti kelas digital marketing kali ini ia dapat tau bagaimana menangkap peluang hanya dengan menggunakan media online yang notabenenya sekarang media online dapat diakses dimana saja ingin , dan menjadi seorang pengusaha yang nantinya paham terhadap pemasaran digital.

Materi yang diajarkan di sesi satu tentang pemahaman Digital Marketing, dan diajarkan bagaimana menangkap peluang yang ada dengaan cukup menggunakan media online, disamping itu juga pemateri mengajarkan kepada peserta untuk masuk ke google dan mencari jenis usaha yang sekarang mereka miliki, apakah sudah masuk dan terekam di google ataukah belum? Ternyata jenis usaha yang dimiliki oleh peserta pada saat dicari di pencarian google tidak ada atau tidak dapat ditemukan, maka mengacu pada hal yang diminta pertama oleh pemateri, pemateri langsung mengajarkan bagaimana cara mendaftar dan masuk ke aplikasi google bisnis agar pada saat orang lain ingin mencari jenis usaha yang kita miliki mereka adapaat menemukannya dengan mudah, dengan diawali dengan dijelaskan tentang apa itu google bisnis, manfaat dan tujuannya untuk apa bagi pengusaha untuk meningkatkan usahanya.

Peserta diminta agar mengambil Handphone (HP) yang dimiliki oleh masing-masing peserta agar melakukan Instal aplikasi Google Bisnis di Playstore agar dapat dilakukan dengan mudah dan setelah login peserta dapat mendaftar jenis usaha yang dimilikinya, pada saat mendaftar peserta diminta memsaukaan kode verifikasi data untuk google bisnis yang dimiliki agar dapat melanjutkan ke tahap pendaftaran selanjutnya, namun untuk kode verifikasi yang diminta peserta harus bersabar menunggu kiriman kode verifikasi yang akan dilakukan oleh perusahaan google dengan minimal pengiriman pos selama 4 hari. Setelah mendapatkan kode verifikasi dari google bisnis baru peserta dapat melanjutkan tahap pendaftaran selanjutnya untuk kode verifikasi.

Untuk mengecek apakah peserta sudah melakukan pengisian google bisnis atau belum, pemateri meminta kepada  peserta untuk masuk ke Google Classroom yang dimana google classroom berfungsi untuk mendata seluruh peserta dalam satu kelas dan semua tugas akan di share di google classroom yang dibuat oleh pemateri, setelah seluruh peserta sudah masuk ke google classroom peserta diminta untuk pertama kali melihat ke tugas kelas untuk membaca tugas yang dibagikan lalu dikirimkan tugas tersebut dengan didampingi oleh pemateri agar tidak salah menyerahkan tugas di classroom.

Di materi terakhir dari pertemuan hari pertama pemateri membahas tentang Domain dan Hosting, dimana domain adalah nama website sedangkan Hosting dikatakan sebagai tempat. Dan dijelaskan kepada peserta betapa pentingnya peserta membeli Domain sendiri untuk mengembangkan usahanya, dengan relatif harga domain yang dapat dijangkau, disini juga pemateri menjelaskan biaya dari Domain yang akan dibeli oleh peserta agar peserta tidak bingung dalam menentukan pilihan pembelian domain.

Dihari pertama dalam kegiatan kelas digital marketing ini, peserta sangat semangat dalam mengikuti pelatihan dikarenakan pemateri nya menjelaskan secara detail dan mudah untuk dimengerti. Harapan kami semoga dihari pertama sampai hari terakhir kegiatan kelas digital marketing peserta tetap semangat agar dapat mengikuti sampai akhir. 

2 komentar untuk “#2 Digital Marketing di Kupang”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konsultasi Online
Butuh Bantuan??
Hai..
Terima Kasih sudah menghubungi Kami.
Ada yang bisa Kami bantu??