APA ITU KURSUS ?

“Peserta yang datang Kursus ini biasanya bertujuan untuk mendapatkan pekerjaan yang mereka inginkan sesuai skill yang mereka asah melalui kursus, atau bisa juga hanya untuk kebutuhan pribadi”

Kursus merupakan salah satu bagian dari pendidikan nonformal, yang dimaksud dengan kursus adalah yang diikuti oleh siapapun diluar sekolah jam sekolah, jam kuliah atau jam kerja. Ada banyak kursus yang bisa diikuti yaitu kursus komputer, kursus kecantikan, kursus menjahit, kursus tata boga, kursus otomotif, kursus bahasa inggris dan lain sebagainya.

Mungkin teman-teman masih banyak yang belum bisa membedakan antara bimbingan belajar, kelas kursus private dan kursus regular. Ketiganya sama-sama wujud dari pendidikan non formal, namun terdapat sedikit perbedaan berkaitan dengan isi atau kontennya. Bimbingan belajar merupakan salah satu sarana bagi teman-teman yang ingin menambah atau mendalami materi pelajaran di sekolah. Materi yang disajikan biasanya berupa penyelesaian soal-soal secara cepat. Kelas kursus private hampir sama dengan kelas regular, hanya saja privat lebih bersifat pribadi karena biasanya hanya terdiri dari satu murid dan satu pengajar, serta proses pembelajan biasanya dilakukan dirumah peserta kursus yang bersangkutan atau bisa juga di lembaga kursus, waktu belajarnya disesuaikan dengan waktunya peserta kursus sehingga tidak mengganggu aktivitas peserta kursus atau peserta yang masi sekolah atau yang kerja. Sedangkan kelas kursus regular jam kursusnya lebih mengarah pada jam kursus yang sudah ditentukan oleh lembaga kursus dan peserta kursusnya lebih dari dari satu orang, peserta kursusnya juga harus datang di lembaga kursus atau tempat kursus. Kursus ini biasanya bertujuan untuk mendapatkan pekerjaan yang mereka inginkan sesuai skill yang mereka asah melalui kursus, atau bisa juga hanya untuk kebutuhan pribadi.

Tombol Cepat

Selain sebagai sarana belajar tambahan bagi siswa atau mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan, kursus juga sangat dibutuhkan bagi mereka yang tidak mampu untuk melepaskan diri dari perangkat kemiskinan dan keterbelakangan. Kursus dapat membuat masyarakat menjadi lebih peka terhadap lingkungannya, sehingga pada akhirnya mereka mampu untuk memperbaiki dan meningkatkan kedudukannya dalam masyarakat. Tidak hanya dari orang yang berpendidikan tinggi yang bisa membuka lembaga kursus, tetapi juga bagi mereka yang memiliki keahlian tertentu dan terketuk untuk membantu memberdayakan masyarakat disekitarnya.

            Oleh karena itu bagi masyarakat di Kota Kupang yang ingin mengasah skill di bidang komputer, bisa langsung hubungi kami di Ekklesia Komputer.

TerimakasihJ

Nantikan artikel berikutnyaJ­

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konsultasi Online
Butuh Bantuan??
Hai..
Terima Kasih sudah menghubungi Kami.
Ada yang bisa Kami bantu??