MEMPERSIAPKAN PEMBELAJARAN ONLINE

Workshop Persiapan Pembelajaran Online

Beberapa hari belakangan ini kita dikejutkan dengan adanya adanya berita menyebarnya Virus Covid-19. Hal ini benar-benar diluar pikiran dan kemampuan kita yang pada akhirnya mempengaruhi semua ini. Baik itu perusahaan, perkantoran bahkan pendidikan. Mau tidak mau kita harus mengubah pola kerja kita terlebih kita yang ada dalam dunia pendidikan dan pelatihan kerja.

Dalam Menghadapi situasi yang terjadi saat ini maka salah satu cara yang digunakan dalam dunia pendidikan dan pelatihan adalah Memberikan pembelajaran online dari guru atau instruktur untuk setiap siswa atau warga belajar yang ada pada lembaga yang di kelola.

Menyadari akan tuntutan yang terjadi saat ini maka dengan sendirinya Pengelola lembaga pelatihan harus berpartisipasi memikirkan metode apa yang harus digunakan dalam pembelajaran di tempatnya.

Melihat akan semua hal yang dijelaskan sebelumnya. Ekklesia Komputer yang bergerak dalam bidang informasi dan telekomunikasi memberikan kesempatan sebesar-besarnya kepada semua orang yang ingin mengikuti proses belajar untuk mempersiapkan bagaimana cara memberikan pembelajaran online terhadap Siswa/I atau warga belajar yang ada di lembaga pelatihan yang dikelola nya atau pimpinan lembaga.

Maka dari itu, pada tanggal 6-15 April 2020 Ekklesia Komputer Kupang mengadakan Workshop tentang Mempersiapkan pembelajaran Online. Yang diikuti oleh 27 peserta pelatihan yang pelatihan terdiri dari pengelola lembaga pelatihan, administrasi LPKS, Instruktur-instruktur, dosen, pengusaha dan umum. Dalam kegiatan ini terbagi dalam 3 Kelompok yang diadakan selama  2 Hari pelatihan/workshop untuk masing-masing kelompok. Dan yang menjadi pemateri adalah Ibu Tri Suris.

Muncul pertanyaan, Bahwa mengapa diadakan kegiatan Workshop tentang Mempersiapkan pembelajaran Online ini? Sedangkan saat ini sedang terjadi wabah Covid-19 yang dimana semua orang dilarang untuk bergerombol atau bertemu satu dengan lainnya?

Alasannya adalah karena tuntutan zaman disertai dengan keadaan yang marak terjadi saat ini,  sehingga dengan sendirinya lembaga pelatihan mau atau tidak harus mempersiapkan pembelajaran secara online. Sehingga para peserta yang ikut dalam kegiatan workshop ini memiliki keinginan agar mereka dapat tau bagaimana seorang pengajar atau pengelola dapat mempersiapkan materi pembelajaran online sesuai dengan tuntutan yang terjadi saat ini.

Salah satu tujuan dari dilaksanakannya kegiatan Workshop pembelajaran online ini adalah untuk  Menambah pengetahuan dalam berbagai bidang ilmu khususnya mempersiapkan pembelajaran online.

Mengacu pada salah satu tujuan yang disebutkan di atas maka, instruktur mau atau tidak mau harus menyesuaikan dengan perkembangan saman apalagi dengan kondisi yang terjadi seperti saat ini. Dalam menghadapi situasi seperti ini instruktur sudah siap dengan materi pembelajarannya Instruktur tidak lagi lebih cenderung memperhatikan dalam penyaluran ilmu pengetahuan Tetapi Instruktur harus memiliki kesiapan yang baik ketika ia akan mengajar dan adanya penggunaan pendekatan, strategi maupun metode agar dalam pembelajaran warga belajar tidak merasakan suasana yang membosankan. Pemilihan metode harus disesuaikan dengan materi, karakteristik pendidik, sarana dan prasarana, biaya, dan sebagainya agar pembelajaran berhasil dengan baik. Dengan semangat bahwa, Instruktur Kreatif menciptakan warga belajar yang kreatif dan aktif pula.

Apa yang peserta dapat dari kegiatan ini?

Dilihat dari terlaksana nya kegiatan workshop ini, yang peserta pelatihan dapatkan adalah peserta belajar bagaimana mempersiapkan pembelajaran online, dengan berbagai macam aplikasi yang harus diketahui dan di download terlebih dahulu contohnya adalah :

  1. Google Form
  2. Google Classroom
  3. WhatsApp
  4. Zoom/Webex/Team Viewers
  5. Camstasia/Filmora/Bandicam/dll

Peserta juga belajar bagaimana proses mengelola semua aplikasi yang didownload dan juga diajarkan langkah apa saja yang harus dilakukan dalam mengelola aplikasi-aplikasinya sehingga memunculkan suatu pembelajaran yang tidak membosankan bagi peserta didik/warga belajar. Contohnya adalah pemanfaatan Google Classroom dan Aplikasi Zoom. Dari pembelajaran ini banyak peserta yang sebelumnya belum pernah mengetahui tentang apa itu google classroom dan bagaimana memfungsikannya,meskipun dengan keterbatasan nya tetap semangat mengikuti kegiatan sesuai penjelasan dari pemateri.

Dari peserta sendiri apakah mereka sudah puas dengan diadakan kegiatan ini? Dilihat dari 6 hari terlaksana kegiatan ini peserta merasa puas dan timbul rasa syukur adanya kegiatan ini, karena yang awalnya mereka datang dengan serba keterbatasan akhirnya mereka pulang dengan membawa ilmu baru yang tentunya mereka siap untuk melajutkan dan mengembangkan ilmu yang mereka dapatkan demi anak bangsa.

Tentunya dari terlaksana kegiatan ini mempunyai Manfaat tersendiri yaitu Instruktur/tenaga kepelatihan dapat mempersiapkan pembelajaran berbasis online untuk menjawab tuntutan zaman dan keadaan yang terjadi saat ini

Pesan dan kesan dari peserta

Diakhir dari pelatihan, pemateri juga meminta kepada peserta untuk memberikan pesan atau kesan bahkan masukan untuk pemateri agar kedepan nya berbenah dan mengarah pada tujuan pembelajaran yang lebih baik lagi.

Perwakilan peserta kelompok 1 :

Ibu Ratna Mella : saya sangat bersyukur diadakannya kegiatan seperti ini karena, dan saya berterima kasih untuk pemateri yang tidak pernah bosan-bosannya membimbing kami selama 2 hari ini. Dengan mempersiapkan segala kebutuhan dengan baik yang menunjang kegiatan kami selama 2 hari.

Ibu Evi Loloin : Jujur sebelum saya mengikuti kegiatan ini, saya sendiri bingung tentang sebenarnya bagaimana cara untuk mempersiapkan kelas online seperti tuntutan dari pemerintah saat ini, apalagi pekerjaan saya sehari-hari adalah sebagai seorang penjahit yang tentunya selalu berhubungan dengan mesin jahit bukan komputer, sehingga dalam pelatihan selama 2 hari memang benar yang sempat dikeluhkan pemateri bahwa saya tidak paham tentang bagaimana mengoperasikan komputer bahkan disaat pemateri minta untuk memasukan password emailnya saya jawabannya saya singkat saya lupa ibu. Tetapi saya berterima kasih karena dalam pembelajaran yang saya ikuti selama 2 hari ini saya dapat mengikuti nya dengan baik dan tentunya kembali dari sini saya akan berbena dan berlatih terus untuk mempersiapkan apa yang menjadi tuntutan saat ini.

Perwakilan peserta kelompok 2 :

Ibu Yandri Modok atau sering di sapa Ka sarce : Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ibu Tri selaku pemateri, yang sangat sabar dalam menghadapi kami yang mau dibilang kami adalah peserta pelatihan dengan latar belakang gaptek, saya bersyukur karna kegiatan seperti ini jarang kita temui apalagi dengan biaya yang sangat murah yang dimana dapat dikatakan bahwa ini kita mengikuti kegiatan tanpa biaya, lanjut ka sarce mengapa saya berkata demikian karena Ibu Tri selaku pemateri memberikan kepada kita ilmu yang lebih dari yang kita duga, bahkan mendampingi kita untuk mencoba mempresentasikan materi-materi kita walau materi yang kita siapkan sebagai instruktur untuk pembelajaran online nanti belum sempurna. Terima kasih sekali lagi untuk Ibu Tri.

Ibu Iche Pah yang adalah pengelola dari lembaga pelatihan Putria Salon : sayaberterima kasih karena telah diberikan kesempatan untuk dapat belajar ilmu baru di Ekklesia Komputer, walau ada beberapa yang harus disiapkan lebih matang, setelah pelatihan ini kami akan mempersiapkannya. Terima kasih

Perwakilan peserta kelompok 3 :

Ibu Nining menyampaikan bahwa : sebagain besar materi sudah saya pahami Ibu Tri tetapi ada satu materi tentang google classroom yang belum terlalu saya pahami, saya minta waktunya untuk ibu dapat menjelaskan sekali lagi untuk kami. Terima kasih

Ibu Henny: Terima kasih Ibu Tri karena telah membuka pelatihan ini walaupun dengan kondisi yang terjadi saa ini, atas tuntutan dari kami semua sehingga Ibu dengan senang hati menerima kami dan berbagi bersama kami, Kiranya Tuhan yang membalas semuanya.

Mengakhiri seluruh rangkaian kegiatan workshop ini, Kami dari manajemen Ekklesia Komputer Kupang dimana kami sebagai penyelenggara kegiatan Workshop ini, mengucapkan Limpah terima kasih banyak untuk teman-teman semua yang sudah merelakan waktu untuk datang dan mau belajar dan berbagi bersama kami. Kami berharap teman-teman semua setelah selesainya kegiatan ini teman-teman siap menjadi saluran berkat bagi semua orang, khususnya di bidang pendidikan baik itu formal dan Non-Formal. Pesan dari kami Kiranya apa yang sudah dipelajari dapat membawa manfaat besar untuk pengembangan lembaga pelatihan dari teman-teman semua.

#Instrukturkreatif, #Pengelolakreatif, #Belajaronline, #googleclassroom, #AplikasiZoom, #Lembagapelatihan

Lembaga Pelatihan Ekklesia Komputer
www.ekklesiakomputer.com
www.kursuskomputerkupang.com
https://wa.me/6285100010722

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konsultasi Online
Butuh Bantuan??
Hai..
Terima Kasih sudah menghubungi Kami.
Ada yang bisa Kami bantu??