STANDART OPERASIONAL PROSEDURE

“Standar Operasional Prosedur bukanlah sekadar aturan semata, tetapi keberadaan SOP di Lembaga Pelatihan atau perusahaan akan sangat membantu sekali dalam proses perkembangan Lembaga Pelatihan atau perusahaan tersebut. Bahkan SOP juga berpengaruh pada kemajuan Lembaga Pelatihan, karena jika SOP tidak diterapkan dengan baik, maka dampaknya juga akan terlihat pada kinerja karyawan yang pada akhirnya kualitas kerjanya juga tidak baik”

Ekklesia Komputer, Jl. Sam Ratulangi 2, Gang 3, Walikota KupangHP : 6285100010722

Mengelola sebuah Lembaga Pelatihan atau sebuah perusahaan dengan lingkup pekerjaan yang berulang dan sumber daya manusia yang beragam tidaklah mudah. Semua pekerjaan yang ada tersebut harus bisa dimaksimalkan dengan benar agar apa yang menjadi visi misi Lembaga Pelatihan atau Perusahaan bisa tercapai dengan baik.

Untuk menjalankan seluruh rangkaian kegiatan yang ada di Lembaga kita maka diperlukan suatu aturan atau petunjuk yang bisa menjadi acuan kita dalam melakukan opersional perusahaan tersebut. Yang perlu dilakukan adalah dengan membuat Standar Operasional Prosedur (SOP).

Tujuan dibuatnya SOP ini tentunya untuk menjelaskan secara rinci bagaimana seluruh karyawan yang ada di Lembaga Pelatihan atau perusahan bertindak dan kerja sesuai dengan standar yang ada sehingga nantinya akan muncul arus kerja yang teratur dan efektif. Dan tentunya dengan adanya SOP mampu memudahkan kerja seluruh karyawan yang ada. Jika ada karyawan baru, maka juga akan cepat memahami cara kerja karena sudah ada standar operasional dengan aturan yang jelas.

Begitupun di Lembaga Pelatihan Ekklesia Komputer yang juga mempunyai Standar Operasional Prosedur (SOP) guna membantu karyawan-karyawan lama maupun baru pada saat melakukan pekerjaan sehingga pekerjaan semua yang di kerjakan sudah terstruktur atau sudah sesuai dengan Standar Operasinal Prosedur yang ada.

Adapun 20 Standar Operasional Prosedur yang ada di Lembaga Pelatihan Ekklesia Komputer di antaranya:

  1. Standar Operasinal Prosedur Penerimaan Peserta Pelatihan
  2. Standar Operasinal Prosedur Pengembangan Program Pelatihan
  3. Standar Operasinal Prosedur Kerjasama Industri Tentang Program Pelatihan
  4. Standar Operasinal Prosedur Pengembangan dan Pemantauan Kurikulum
  5. Standar Operasinal Prosedur Pengembangan dan Pemantauan Modul Pelatihan
  6. Standar Operasinal Prosedur Perekrutan dan Pemilihan Pegawai
  7. Standar Operasinal Prosedur Kualifikasi dan Pengalaman Pegawai Diverifikasi
  8. Standar Operasinal Prosedur Standar Kelengkapan Peralatan Pelatihan
  9. Standar Operasinal Prosedur Manajemen Keuangan
  10. Standar Operasinal Prosedur Pengembangan Asesmen Pelatihan
  11. Standar Operasinal Prosedur Pemeliharaan Pelaksanaan Pelatihan Bermutu Tinggi
  12. Standar Operasinal Prosedur Pelaksanaan Pelatihan
  13. Standar Operasinal Prosedur Ujian Kompetensi
  14. Standar Operasinal Prosedur Pelaksanaan Pelatihan & Manajemen
  15. Standar Operasinal Prosedur Manajemen Pelatihan
  16. Standar Operasinal Prosedur Pengambilan Sertifikat Pelatihan
  17. Standar Operasinal Prosedur Umpan Balik Penyelenggaraan Pelatihan
  18. Standar Operasinal Prosedur Umpan Balik Administrasi
  19. Standar Operasinal Prosedur Cetak Sertifikat Pelatihan
  20. Standar Operasinal Prosedur Perawatan Peralatan

Tujuan dari  pembuatan SOP di Lembaga Pelatihan Ekklesia Komputer sendiri adalah untuk menjelaskan secara detail mengenai pekerjaan yang berulang-ulang yang yang dilakukan di Lembaga Pelatihan Ekklesia Komputer. Dengan adanya Standar Operasinal Prosedur  di Lembaga Pelatihan Ekklesia Komputer mampu menjadikan kinerja yang lebih baik, menjadi panduan untuk karyawan baru, maupun yang lama serta memudahkan pengawasan, dan koordinasi yang baik antara bagian-bagian pekerjaan. Standar Operasional Prosedur bukanlah sekadar aturan semata, tetapi keberadaan SOP di Lembaga Pelatihan atau perusahaan akan sangat membantu sekali dalam proses perkembangan Lembaga Pelatihan atau perusahaan tersebut. Bahkan SOP juga berpengaruh pada kemajuan Lembaga Pelatihan, karena jika SOP tidak diterapkan dengan baik, maka dampaknya juga akan terlihat pada kinerja karyawan yang pada akhirnya kualitas kerjanya juga tidak baik.

Akhirnya, semoga SOP ini dapat menjadi arah dan pedoman serta menjadi motivasi peningkatan kinerja bagi seluruh pelaksanaan kegiatan di Lembaga Pelatihan Ekklesia Komputer dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya juga dapat menjadi pedoman bagi lembaga lainnya dalam mengelola Lembaganya menjadi lebih baik lagi.

AdminMB/TS

Ekklesia Komputer
www.ekklesiakomputer.com
www.kursuskomputerkupang.com
https://wa.me/6285100010722

2 komentar untuk “STANDART OPERASIONAL PROSEDURE”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konsultasi Online
Butuh Bantuan??
Hai..
Terima Kasih sudah menghubungi Kami.
Ada yang bisa Kami bantu??